8 Peluang Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil yang Menjanjikan

Peluang Bisnis Rumahan

Berbisnis memungkinkan kita untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Membuka usaha tidak harus menyewa tempat khusus, bila memungkinkan kita bisa membuka usaha di rumah tanpa membutuhkan modal yang besar.

Dari sekian banyak peluang usaha yang ada, berikut ini adalah 8 jenis usaha modal kecil yang bisa dikerjakan dari rumah dengan modal kecil:

1. Membuka Usaha Jasa Menjahit

Untuk bisa menjalankan usaha rumahan ini, Anda tentu haru punya keahlian menjahit dan juga punya mesin jahit yang memadai. Dimulai dari jasa memotong kain, jasa mengecilkan pakaian, dan pemasangan asesoris pakaian, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari bisnis rumahan ini.

Anda juga bisa menawarkan jasa menjahitkan baju dengan desain khusus kepada pelanggan. Sedikit demi sedikit pelanggan Anda akan semakin banyak dan membuat usaha rumahan Anda semakin berkembang.

2. Bisnis Jualan Makanan dan Minuman

Bisnis makanan dan minuman adalah jenis usaha yang akan terus dicari manusia. Tentu saja, karena makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok manusia yang paling penting untuk bertahan hidup.

Bisnis kuliner bisa dijalankan dari rumah dengan modal kecil. Misalnya Anda menjalankan usaha katering dengan modal yang relatif kecil, dan untuk pemasarannya bisa memanfaatkan media internet.

3. Bisnis Jualsa Pulsa Elektrik

Modal awal untuk membuka usaha jual pulsa elektrik terhitung sangat minim, yaitu sekitar Rp 300 ribu saja. Sebagai permulaan, Anda bisa mendaftarkan diri di website agen pulsa elektrik seperti Pulsa-Online.com, Venuspulsa.com atau Istanareload.com.

Dengan mengirimkan deposit awal sekitar Rp 100 ribu – 300 ribu, Anda sudah bisa langsung berjualan pulsa elektrik. Pastikan Anda tidak menjual pulsa tersebut terlalu mahal, dan jangan memperbolehkan teman Anda untuk berhutang ketika beli pulsa dari Anda.

4. Bisnis Kursus atau Les Privat

Bila Anda memiliki skill atau keahlian di bidang tertentu, maka ini bisa menjadi peluang usaha lho. Misalnya Anda punya keahlian di bidang pelajaran Matematika, maka Anda bisa membuka les privat. Selain pengetahuan formal, Anda juga bisa membuka les keterampilan, misalnya belajar bermain gitar.

Anda bisa memanfaatkan fasilitas online untuk memasarkan jasa Anda tersebut. Caranya, buatlah sebuah halaman fanpage di Facebook yang berhubungan dengan jasa Anda tersebut. Lalu posting konten yang berhubungan dengan bidang ilmu yang ingin Anda kursuskan.

Anda juga bisa langsung menawarkan les privat kepada orang tua murid, misalnya kepada tetangga atau kenalan Anda. Ini adalah sebagai langkah awal membangun usaha les privat Anda tersebut.

5. Berbisnis Dengan Membuka Warung

Walaupun saat ini warung kecil sudah bersaing ketat, ternyata potensi bisnis warung ini masih cukup menjanjikan. Produk yang paling banyak dicari di warung-warung adalah bahan makanan atau sembako.

Bila Anda telaten membangun usaha warung ini, bukan tidak mungkin Anda bisa menyaingi atau bahkan mengungguli pesaing. Lokasi tempat usaha, pelayanan, dan ketersediaan produk, menjadi faktor penentu keberhasilan sebuah usaha warung.

6. Berbisnis Jual Jasa Desain Grafis

Mungkin Anda memiliki keahlian dalam mengolah gambar dan desain. Keterampilan Anda dalam mengolah gambar menggunakan software editing gambar bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan lho.

Untuk menjalankan usaha ini tidak butuh modal yang besar. Tentu Anda harus punya skill, komputer, dan software yang mendukung. Anda bisa menawarkan jasa desain melalui beberapa marketplace freelance seperti Projects.co.id, Freelancer.co.id, dan beberapa situs lainnya.

7. Menjalankan Bisnis Afiliasi

Bisnis affiliate atau yang dikenal dengan affiliate marketing adalah salah satu model bisnis yang sangat banyak dijalankan oleh para pebisnis online di Indonesia. Bisnis ini memungkinkan kita untuk mendapatkan penghasilan dari kegiatan menjual produk orang lain.

Anda akan mendapatkan komisi dari produk yang berhasil Anda jual di internet melalui link affiliasi Anda. Bisnis affiliasi bisa menjual produk fisik dan juga produk digital, tergantung minat Anda. Anda hanya perlu fokus mempromosikan link affiliasi milik Anda melalui berbagai media di internet.

Beberapa website yang menawarkan program affiliasi diantaranya: Lazada.com, Bhineka.com, Blibli.com, Idaff.com, dan situs lainnya.

8. Bisnis Jual Beli Online

Bisnis jual beli online (ecommerce) sudah banyak dilakoni oleh para pengusaha di internet. Selain karena modalnya sangat kecil, jual beli secara online memungkinkan kita untuk bekerja lebih fleksibel. Tentunya Anda akan membutuhkan perangkat yang memadai, koneksi internet, produk yang dijual, dan keahlian pemasaran online.

Bila Anda belum punya produk sendiri, Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper produk tertentu. Anda bisa mengembangkan usaha tersebut bila sudah memiliki produk sendiri atau bekerjasama dengan orang lain..

Sesuaikan Bisnis Anda dengan Keahlian dan Passion

Satu poin yang sangat penting dan harus kita ingat, pastikan untuk menjalankan bisnis yang sesuai dengan minat atau keahlian Anda. Mengapa? Agar bisnis yang Anda jalankan nantinya bisa berjalan dengan baik karena sesuatu yang dimulai dari minat dan keahlian tentu akan terasa lebih mudah dikerjakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *